mengenal virus antivirus dan cara menghilangkan virus dengan mudah

mengenal virus antivirus dan cara menghilangkan virus dengan mudah

Virus merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri [1] dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Ciri2 komputer yang terjangkit virus :
1. bekerja tidak seperti biasanya,prose tambah lambat
2. biasanya terdapat file2 yg mencurigakan, biasanya bertipe exe.
3. ada beberapa file yg berubah extensi, seperti contoh word jadi exe, dll.

Cara kerja antivirus :
Cara kerja antivirus menggunakan basis data virus signature (virus signature database),antivirus mencari tanda-tanda dari keberadaan dari virus dengan menggunakan kode virus yang telah dianalisis oleh vendor penyedia antivirus,dan telah dikategorikan menurut,ukuran,kemampuan, dan beberapa kategori lainnya.Kebanyakan antivirus tidak hanya mencari virus jenis awal saja,tetapi juga dapat mencari varian dri virus tersebut,karena kode signature virus tersebut biasanya serupa.
Cara kerja antivirus seperti teknologi yang diterapkan dalam Intrusion Detection System (IDS).Cara kerja antivirus seprti ini sering disebut juga sebagai Behavior-blocking detection.Cara ini menggunakan kebijakan yang harus diterapkan untuk mendeteksi keberadaan sebuah virus. Jika ada kelakuan perangkat lunak yang “aneh maupun tidak wajar” menurut kebijakan yang diterapkan,seperti halnya perangkat lunak yang mencoba untuk mengakses address book untuk mengirimkan e-mail secara massal terhadap daftar e-mail yang berada di dalam address book tersebut (cara ini sering digunakan oleh virus untuk menularkan virus melalui e-mail),maka antivirus tersebut akan menghentikan proses yang dilakukan oleh perangkat lunak tersebut.

Cara membasmi virus tanpa antivirus :
sangat mudah kok, direstore saja… ke waktu sebelum terkena virus, sebagai contoh komputer kita terkena virus tanggal 13 oktober, maka kita restore ke tanggal 12 oktober.
Start >> All Programs >> Accessories >> System Tools >> System Restore

Semoga postingan ini bisa membantu.

One comment

  1. waahhh,,,jujur komputer saya emang terkena virus gan,,dan walau telah di scan tetep aja tuh virus gak terusik,,
    semoga dengan cara ini bisa menghilangkan virus ya,,terima kasih,,
    tapi jika dilakukan hal itu apa file kita akan hilang??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *